Search This Blog

Minggu, 13 Juli 2008

Pemahaman Dakwah

Pertemuan dengan Rasulullah hanya akan dapat terjadi kalau kita betul-betul mencintai beliau. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat langka. Kita lihat juga Ulama-ulama Klasik dan Kontemporer hapal Alquran mulai dari usia kanak-kanak. Saya Berkeyakinan ada hubungan yang sangat erat antara pemahaman aqidah dengan hapalnya mereka Alquran pada masa kanak-kanak. Saat sekarang ini saya belum mendapatkan penelitian yang baik dan sistematis tentang hubungan kesalehan dan kecerdasan bedasarkan konsep penghapalan Al Quran di mulai dari masa kanak-kanak.

Penelitian ini bisa dilakukan dengan mengadakan pengamatan yang intensif terhadap seorang anak yang memang didik dengan Al Quran. Sampai pada waktu umur tertentu dilihat perkembangan kepribadian dan kecerdasannya. Mungkin nanti kita dapat melakukan penelitian kita terhadap anak-anak kita sendiri Insya Allah.

Saat sekarang ini diperlukan inisiatif dari para kader untuk proaktif melakukan suatu amal. Kisah-kisah yang dapat kita teladani dari Imam Syahid Hasan Al Banna antara lain adalah kemampuan beliau untuk mencari tema-tema yang bisa mendekatkan semua orang.

Memasuki dakwah dalam tahapan politik (Mihwar Muassasi) kita akan berhadapan dengan orang-orang yang akan siap menumbangkan dakwah kita ini. Mereka adalah musuh Allah, musuh Islam dan musuh kita sendiri. Mereka itu adalah tiga golongan yang telah kita ketahui bersama yaitu : Atheis, Musyrik dan Munafik. Maka kita harus menyiapkan perangkat-perangkat kekuatan dalam rangka menyongsong era pengelolaan kekuasaan negara (Mihwar Dauli).

Sehingga para pendahulu dakwah ini menegaskan kepada kita. Semakin berkembang suatu jamaah dakwah maka proses seleksi harus semakin di perketat. Demikian juga dengan kecerdasan dalam menentukan tema-tema dakwah yang bisa mendekatkan kita dengan objek dakwah. Karena kita akan bersingggungan dengan semua tipe pola pikir manusia. Selain itu yang kita butuhkan adalah kecerdasan mengelola perubahan dan kekuatan perencanaan.

(Pekanbaru, Kamar Kostku, 13 Juli 2008 17:08 WIB)

Tidak ada komentar: